Pemblokiran situs oleh pemerintah Indonesia

Buka Pidgin, tiba-tiba aja dapet pesan offline dari teman saya Ferdi. Dikasih link untuk berpartisipasi dalam petisi yang menolak pemblokiran situs-situs tertentu, termasuk YouTube, oleh pemerintah Republik Indonesia.

“Apa pula ini?”, pikirku…

Kausalitas mengharuskan kejadian ini memiliki sebab tertentu. Aku menduga ini pasti gara-gara film yang namanya Fitna itu. Judul itu pertama kali kudengar dari adikku yang di Jakarta beberapa waktu lalu. Udah nonton di YouTube katanya. Selanjutnya nggak sengaja kudengar di radio saat berada di dalam mobil. Berikutnya, ngeliat judul itu di headline sebuah tabloid, entah apa namanya, yang tergeletak di rumah. Terakhir, adikku yang di ITB juga bilang udah nonton, dikasih temennya lewat fasilitas transfer berkas Y!M.

Kutanya temenku yang lagi online, ternyata bener Fitnalah penyebabnya :).

Ah, sepertinya Fitna memang sedang menjadi wadai. Aku sendiri… waktu luangku tidak terlalu banyak untuk menyempatkan mencari atau menonton film tersebut.

Banyak hal yang bisa dibahas tentang topik ini, cuma aku hanya ingin menyampaikan pendapatku tentang pemblokirannya: Sangat tidak setuju! Penyensoran internet tidak sepantasnya dilakukan pemerintah. Memblokir halaman tertentu saja aku tidak setuju, lebih bodoh lagi kalau yang diblokir adalah satu situs penuh! Apa yang pantas dibuka, dan apa yang tidak ingin dilihat, biarkan diserahkan kepada individu masing-masing.

Jangan sampai pemerintahan kita jadi seperti China, yang bahkan membuat Google terpaksa mensensor hasil pencariannya agar sesuai dengan sudut pandang pemerintah.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: