Terjemahan artikel utama IGN “Goama” 22

Sekolah Baduk (Igo) Yu Ch’ang-hyeok

(Diterjemahkan ke bahasa Inggris dari majalah Korea “Baduk World” Mei 2004 oleh Alexandre Dinerchtein)

Yu Ch’ang-hyeok, dan-9 (salah satu pemain terkuat Korea di pertengahan 1990-an) membuka sekolah Igo anak-anak pada April 2004 bersama sahabat terbaiknya, Ch’oe Kyu-pyeong, dan-9. Ini bukanlah sekolah pertama mereka. Sebelumnya mereka pernah mendirikan klub untuk pemain muda profesional, yang berjalan sangat sukses selama 16 tahun. Kami mengunjungi sekolah mereka dan mewawancarai pendirinya.

Sekolah ini dibagi menjadi beberapa ruang kecil. Saat memasuki ruang pertama, kami melihat 4 pemain pro: Park Yeong-hun, dan-5 (sekarang dan-9), Yi Cheong-u, dan-4 (dan-5 pada 2005), Kim Eunseon, dan Kim Sesil (keduanya wanita, sama-sama dan-1). Ch’oe Kyu-pyeong, dan-9 adalah guru utama Park waktu dia masih amatir. Sepertinya, Park sekarang lebih kuat.

Saat ini hanya ada 7 murid. Mereka muda dan berbakat. “Kita punya beberapa anak jenius, tapi klub Igo lain juga punya. Susah untuk memastikan apakah mereka bisa mencapai level pro, semua akan tergantung usaha mereka,” kata Ch’oe Kyu-pyeong, dan-9.

Sekolah ini dibuka dari pukul 8 pagi sampai 10 pagi. Yu Ch’ang-hyeok, dan-9 selalu mendampingi muridnya kecuali kalau ada jadwal turnamen.

Kami bertanya, “Bagaimana cara anda mengajar mereka?”. Dia menjawab, “Mereka bisa dengan mudah belajar opening, joseki, dan persoalan hidup mati dari buku. Jadi saya berusaha menciptakan atmosfir “self-learning” di sekolah ini. Hal utama yang saya lakukan adalah mengulang dan mengomentari permainan mereka. Banyak murid saya yang kemampuan membacanya sangat bagus, dan bahkan pemain pro tingkat tinggi tidak bisa membuat mereka lebih kuat dalam persoalan hidup mati. Tapi kita bisa mengajarkan mereka banyak hal lain.”

Beberapa berpendapat bahwa terlalu dini bagi Yu Ch’ang-hyeok, dan-9 untuk mengajar anak-anak, karena mereka percaya bahwa dia masih bisa berprestasi di panggung profesional. Yu Ch’ang-hyeok, dan-9 menjelaskan keputusannya: “Memang benar bahwa saya masih bermain serius, tapi saya tidak akan berada di puncak selamanya. Saya berpikir banyak tentang masa depan saya dan memutuskan bahwa saya akan menikmati mengajar Igo dibanding pekerjaan lain. Mimpi saya adalah menemukan murid yang bisa menjadi elit di dunia Igo Korea.”.

Yu, dan-9 juga mengatakan beberapa hal tentang murid-muridnya: “Seseorang mengatakan bahwa kami hanya mengambil insei dari Asosiasi Baduk Korea, tapi itu tidak benar. Kami lebih suka mengajar anak yang masih sangat muda, walaupun dia tidak sekuat insei. Menurut saya, tidaklah terlalu baik mengundang murid kuat dari klub dan guru lain, dan dalam kasus tersebut kami selalu meminta izin dari tempat belajar lamanya. Kami tidak mendirikan sekolah ini untuk menghasilkan uang, jadi moralitas selalu kami jaga. Kalau kami melihat bahwa seorang anak tidak mungkin menjadi pro, kami akan menghubungi orang tuanya dan meminta mereka mencari masa depan lain. Saya percaya, dalam beberapa kasus lebih baik mencari jalan lain, melanjutkan Igo hanya sebagai hobi.”

Terakhir, kami menanyakan Yu, dan-9 tentang situasi dunia Igo modern.

“Master Jepang jauh tertinggal di belakang. China berusaha mencapai level kami tapi itu tidaklah mudah. Negara mereka sangat besar dan susah untuk membuat sistem pembelajaran tingkat tinggi seperti di Korea. Beberapa kali mereka mengontak kami dan menyarankan kami untuk menerima murid dari China, tapi kami menolaknya terutama karena alasan bahasa,” kata Yu Ch’ang-hyeok, dan-9.

Yu Ch’ang-hyeok, dan-9 dan Ch’oe Kyu-pyeong, dan-9 adalah guru hebat dan kita akan melihat bagaimana mereka mengubah situasi dunia modern Igo.

Diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Agro Rachmatullah.

“You are welcome to republish any text material from the IGN “Goama” without commercial purposes: please note the source and put the link to http://gogame.info/.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: